Musim Hujan Bogor Rawan Banjir? Ini Dia Tips Cara Mencegah Banjir untuk Anda!

Diposting pada 10 November 2021

Cara Mencegah Banjir - Melihat kondisi yang melanda Indonesia belakangan ini, banyak daerah yang beberapa kali dilanda hujan yang cukup deras sehingga menyebabkan banjir. Banjir yang terjadi dikarenakan minimnya lubang resapan air serta pengelolaan drainase yang kurang baik.

Bencana banjir yang melanda beberapa kota di Indonesia, termasuk Bogor juga menimbulkan banyak kerugian yang dialami oleh warga. Hal ini juga disebabkan karena banyaknya orang yang tidak tahu cara mencegah banjir di kawasan tempat tinggal.

Bencana banjir memang bukanlah sesuatu yang baru di kawasan Bogor. Oleh karena itu, memiliki tempat tinggal di kawasan yang bebas banjir adalah impian banyak orang yang datang ke wilayah Bogor dan sekitarnya.

Kini Anda tidak perlu khawatir! Rumah-bogor.id sebagai platform properti lengkap Bogor memiliki banyak rekomendasi properti yang dibangun anti banjir di kawasan yang asri dan sejuk. Berikut kami juga telah merangkum tips cara mencegah banjir di rumah untuk Anda!

Tips Sederhana Cara Mencegah Banjir di Rumah yang Bisa Anda Lakukan

Ada banyak penyebab terjadinya bencana banjir, khususnya di kawasan tempat tinggal yang berlokasi di kota-kota besar, seperti Bogor. Tingginya curah hujan di Bogor juga tentu memengaruhi tingginya potensi banjir yang dapat terjadi.

Berikut adalah tips dari platform properti lengkap Bogor tentang cara mencegah banjir yang bisa Anda lakukan sendiri di lingkungan atau kawasan tempat tinggal Anda. Yuk simak penjelasannya dan terapkan di rumah agar bebas dari bencana banjir di musim hujan ini.

Menanam Banyak Pohon dan Tanaman di Sekitar Rumah

Menanam banyak pohon dan tanaman di sekitar rumah memiliki manfaat untuk membuat halaman rumah terasa lebih sejuk. Namun bukan hanya itu, menanam tanaman dan juga pohon berarti menambahkan area terbuka hijau yang ada di kawasan tempat tinggal.

Area terbuka hijau juga berperan penting dalam meminimalisir dampak banjir, karena lahan yang bisa menyerap air. Salah satu cara mencegah banjir di rumah yang paling ampuh adalah membuat area resapan air yang baik. Pohon-pohon dan tanaman adalah solusi yang tepat untuk dilakukan.

Mengelola dan Memilah Sampah dengan Baik

Mengelola sampah dengan baik juga menjadi salah satu cara mencegah banjir di rumah. Pastikan Anda bisa memilah sampah organik dan non-organik agar jumlah sampah yang memicu banjir juga bisa dikurangi.

Selain itu, Anda juga harus rajin membersihkan lingkungan rumah, khususnya saluran pembuangan dan drainase. Langkah-langkah tersebut mungkin tidak akan berdampak secara langsung, tapi langkah tersebut akan berdampak secara signifikan di masa depan jika dilakukan secara bersama-sama.

Buat Lubang Resapan Air

Lubang resapan biopori di kawasan perumahan juga bermanfaat untuk mencegah banjir dan meningkatkan produktivitas tanaman hijau dengan pupuk kompos yang tersedia. Lubang ini bisa meningkatkan daya resap tanah terhadap air sehingga mencegah air meluap tinggi.

Menampung sampah organik ke lubang resapan biopori dan membiarkannya bersama tanah untuk menjadi kompos adalah langkah yang bisa kita lakukan untuk mencegah banjir. Anda bisa mencegah banjir di kawasan tempat tinggal, sekaligus membuat pupuk kompos yang baik untuk tanah dan tanaman.

Itu adalah tips sederhana yang bisa Anda terapkanuntuk mencegah banjir di kawasan rumah Anda, khususnya di musim penghujan seperti saat ini. Yuk kunjungi Rumah-bogor.id karena kami adalah platform properti lengkap Bogor yang menyediakan informasi dan referensi terbaik tentang properti di Bogor. (GYS)

ImgWaNow